Bapelitbangda Gelar Sosialisasi Aplikasi Bank Sampah di Kecamatan SIngkil

Administrator | Jumat, 15 Desember 2017 - 15:04:10 WIB | dibaca: 43 pembaca

Manado – Kamis (15/12) difasilitasi oleh Kecamatan Singkil, Bapelitbangda Kota Manado menyelenggarakan Sosialisasi Aplikasi Bank Sampah Online (e-smash) di Ruang Rapat Kecamatan Singkil. Acara ini didampingi oleh Kabid Sosial Budaya Bapelitbang, Kabid Monev Bapelitbang, Kepala Bagian Infrastruktur dan Kawasan Perkotaan, serta Camat Singkil.

Ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Persiapan Pemanfaatan Aplikasi Bank Sampah Online kemarin. Langsung action dan yang menjadi pilot project adalah Kecamatan Singkil. Sosialisasi ini disambut baik oleh para undangan dan warga sekitar.

 

Narasumber Pak Marlon Kamagi menjelaskan mengenai perlunya Bank Sampah Online. “Bank Sampah yang kita gunakan masih manual, oleh karena itu aplikasi e-smash ini mempermudah kita mengelola sampah dan malahan kita mendapatkan keuntungan”, ujar Pak Marlon disertai dengan pemaparan contoh-contoh foto keadaan eksisting yang berkitan dengan sampah.

Selain itu, kolaborasi juga sudah terjalin dengan pihak PT.Bank BNI. “Jadi masyarakat nantinya akan dibukakan rekening di Bank BNI, yang namanya tabungan pandai. Nanti yang akan membuka tabungan, membawa sampah yang sudah dipilah. Untuk masyarakat yang ingin membuka rekening hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000,-“, ujar Bapak Denny dari PT.Bank BNI.

Diharapkan Bank Sampah menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan sampah di Kota Manado lebih khusus di Kecamatan Singkil.