Bapelitbangda Manado Gelar Forum Perangkat Daerah Kota Manado

Administrator | Selasa, 28 Maret 2017 - 13:32:06 WIB | dibaca: 145 pembaca

Manado - Menjadi bagian dari tahapan perencanaan dan penganggaran pemerintah daerah, pada Jumat (24/3), Bapelitbangda Manado mengelar Forum Perangkat Daerah Kota Manado yang dilaksanakan di Ruang Serba Guna Kantor Walikota Manado. Kegiatan ini dibuka oleh Walikota Manado melalui Asisten I Pemkot Manado, Michler Lakat, MH.

Pada kesempatan tersebut Asisten I mengatakan Forum Perangkat Daerah menjadi forum yang tepat untuk mensinkronkan program dan kegiatan yang berasal dari musrenbang kelurahan dan musrenbang kecamatan dengan program dan kegiatan pemerintah kota.

"Forum Perangkat Daerah Kota Manado saat ini menjadi kesempatan yang baik bagi para pemangku kepentingan untuk melakukan sinkronisasi penyelarasan atas program/kegiatan dari masyarakat melalui musrenbang kelurahan dan kecamatan dengan program dan kegiatan di renja PD yang nantinya akan dibahas dalam musrenbang RKPD Kota Manado yang akan menjadi bagian perencanaan pembangunan Kota Manado tahun 2018" katanya.

Beliau melanjutkan sinkronisasi dengan program prioritas nasional dan program pemerintah provinsi Sulawesi Utara juga penting dilakukan untuk menghasilkan implementasi program dan kegiatan Kota Manado untuk dapat berjalan secara efektif, efisien, dan sejalan dengan konsep pembangunan nasional serta provinsi.

"Dalam forum ini akan diselaraskan program dan kegiatan lintas perangkat daerah, serta sinkronisasi dengan program prioritas nasional dan program pemerintah provinsi Sulawesi Utara." Lanjutnya.

Menurutnya Forum PD ini harus benar-benar mengutamakan kepentingan masyarakat dalam setiap program dan kegiatan yang diusulkan. "Teliti dan kaji aspirasi masyarakat sebagai masukan berharga sehingga memberikan bobot penting bagi pembangunan Kota Manado menuju masyarakat manado yang cerdas" ujarnya.

Pada saat yang sama Kepala Bapelitbangda Kota Manado, Dr. Liny Tambajong mengatakan, berdasarkan data eDevPlan Kota Manado yang menampung data-data perencanaan musrenbang kelurahan dan musrenbang kecamatan. Pada pelaksanaan musrenbang Kota Manado Tahun 2017 ini total usulan musrenbang kelurahan yang terdata didalam aplikasi eDevPlan yaitu sebanyak 601 usulan.

"Pada pelaksanaan musrenbang kelurahan tahun 2017 ini, usulan yang masuk ke eDevPlan Bapelitbangda yaitu sebanyak 601 usulan dengan rincian 524 usulan untuk bidang infrastruktur, 63 usulan untuk bidang sosial budaya, dan 14 usulan untuk bidang ekonomi" jelas Kaban Liny.

"Sementara untuk musrenbang kecamatan usulan yang masuk yaitu sebanyak 482 usulan dengan rincian 449 usulan untuk bidang infrastruktur, 25 usulan untuk bidang sosial budaya, dan 8 usulan untuk bidang ekonomi" lanjutnya.

Terdapat 7 isu strategis tahun 2018 dalam pembangunan di Kota Manado. "Pertama Pendidikan, selanjutnya kesehatan, pariwisata, kerukunan keamanan dan ketertiban, penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, infrastruktur permukiman dan tata ruang, dan terakhir lingkungan hidup dan mitigasi bencana, merupakan 7 isu startegis pembangunan Kota Manado tahun 2018" jelas Kaban Liny.

Kaban Liny juga menjelaskan terkait platform menuju pembangunan perkotaan yang berkelanjutan dalam hubungannya dengan pengembangan Kota Baru Manado dan masterplan pengembangan infrastruktur Kota Manado.