Bapelitbangda Manado Gelar Workshop Penyelarasan Renstra dan RPJMD 2016-2021

Administrator | Rabu, 31 Mei 2017 - 19:48:30 WIB | dibaca: 67 pembaca

Manado - Bertempat di Swiss-Belhotel, Bapelitbangda Manado mengelar Workshop dan Asistensi Penyelarasan Renstra Perangkat Daerah Terhadap RPJMD Kota Manado Tahun 2016-2021.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Asisten III Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kota Manado, Frans Mawitjere, SH.

Assisten III mengatakan partisipasi aktif dari seluruh perangkat daerah Pemerintah Kota Manado sangat diperlukan demi mewujudkan pembangunan Kota Manado yang efektif dan berhasil.

"Dengan perencanaan yang akurat diharapkan dapat menghasilkan perencanaan pembangunan yang baik dan dapat mengendalikan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Manado" katanya saat membawakan sambutan pada Rabu (31/05).

Beliau melanjutkan, Walikota dan Wakil Walikota telah mewarning Perangkat Daerah (PD) untuk terus meningkatkan kinerja termasuk didalamnya menyelaraskan RPJMD 2016-2021 dengan RENSTRA.

"Demi memenuhi keterpaduan antara dokumen RPJMD dengan RENSTRA, kegiatan ini wajib kita ikuti" ujarnya

"Jadi melalui kegiatan ini kita pastikan, pentingnya kesesuaian dalam dokumen perencanaan dalam hal ini dokumen RPJMD dan Renstra." tekan Asisten III.

Menurutnya, melalui workshop ini diharapkan akan meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan di Kota Manado, khususnya dokumen perencanaan pada masing-masing PD.

Kepala Bapelitbangda Manado, Dr. Liny Tambajong (Kaban Liny) pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa dalam penyusunan Renstra setiap PD harus memahami hubungan antara isu strategis, tujuan, sasaran, dan indikator sasaran.

"PD yang sudah melakukan presentasi Renstra tadi, rata-rata telah memahami visi, misi, tujuan, sasaran strategis, dan indikator sasaran strategis Kota yang sesuai dengan RPJMD" katanya.

Indikator Kinerja PD yang belum jelas menurut Kaban Liny nantinya akan disempurnakan.

"Indikator Kinerja yang belum menjawab sasaran strategis Pemkot, nantinya akan dikuatkan dalam bentuk IKU yang ditetapkan dengan Peraturan Walikota" jelas Kaban Liny.