Dipimpin Wakil Walikota, Bapelitbangda Gelar Evaluasi Persampahan

Administrator | Kamis, 18 Mei 2017 - 07:11:15 WIB | dibaca: 143 pembaca

Manado - Dengan dipimpin oleh Wakil Walikota Manado, Mor. D. Bastiaan, SE dan dihadiri oleh seluruh camat di lingkup Pemerintahan Kota (Pemkot) Manado, pada Rabu (17/5), Bapelitbangda Kota Manado melaksanakan rapat evaluasi persampahan berbasis kecamatan.

Wakil Walikota mengatakan Kota Manado harus memiliki perencanaan persampahan yang matang.

"Kita sepakat kita perbaiki TPA yang sudah ada. Coba dibuatkan DED-nya. Kita buat planning, rencana pertama adalah kita tetap buat DED pada APBD perubahan. Jadi sertifikatnya harus selesai dan pada akhir tahun saat penyusunan RAPBD 2018 kita anggarkan pengembangan TPA." katanya saat memberikan arahan pada rapat evaluasi persampahan.

Menurut Wakil Walikota strategi dalam pembangunan dan pengelolaan TPA haruslah disusun dengan baik dan harus memperhatikan lingkungan, dan harus manusiawi.

"Dalam perencanaan pembangunan TPA kita harus menghitung daya tampung TPA sampai 5 tahun kedepan, jumlah lahan yang dibutuhkan, harus dibuatkan juga tempat untuk pembuatan kompos, area untuk pembibitan tanaman, bahkan lebih jauh kita bisa membeli lahan di area TPA untuk ditambahkan utilitas-utilitas pengolahan sampah, sehingga TPA bisa lebih manusiawi" ujarnya.

Wakil Walikota juga menjelaskan bahwa sarana prasarana pendukung untuk pengelolaan sampah telah direncanakan oleh pemerintah kota sejak tahun 2016.

"Sejak tahun lalu, direncanakan akan diadakan 504 motor sampah, tapi karena dana terbatas baru 100 lebih yang diadakan. Tapi pada tahun ini sudah genap 504. Kemudian pengadaan kendaraan sampah tiap kecamatan 1 buah, di tambah lagi dibantu oleh provinsi 5 buah. Saya minta bantuan dari provinsi jangan androl tapi truk"

"Kami sejak tahun kemarin mengharapkan dengan fasilitas-fasilitas ini akan memperlancar proses pengangkutan sampah dari masyarakat kemudian ke motor sampah, truk sampah, kemudian ke TPSS di kecamatan, dan berakhir di TPA" jelas Wakil Walikota.

Wakil Walikota mengharapkan kepada para camat untuk memaksimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana yang telah ada dengan dibantu oleh Perangkat Daerah terkait seperti Bapelitbangda, Dinas LH, dan Dinas PUPR dalam pengelolaan sampah berbasis kecamatan ini.

Sementera itu, Kepala Bapelitbangda, Dr. Liny Tambajong pada kesempatan tersebut menyatakan bersedia membantu kecamatan dalam pengelolaan sampah dengan konsep TPSS.