Pemanfaatan Data Geospasial lewat Seminar Perencanaan Kota Berbasis Kecamatan

Administrator | Selasa, 07 Desember 2017 - 10:38:25 WIB | dibaca: 22 pembaca

Manado - Seminar Perencanaan Pembangunan hari pertama Kamis (7/1) dengan mengusung tema “Perencanaan Kota Berbasis Kecamatan” berjalan dengan sangat ramai. Hal ini dikarenakan cara seminar yang dilakukan tidaklah biasa yaitu dengan model diskusi.

Peserta yang datang berasal dari perwakilan tiap kecamatan, yaitu Para Camat dan Lurah se-Kota Manado, LPM, BKM dan para Tokoh Masyarakat. Mereka didampingi oleh Bapelitbangda beserta personil Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) pada desk masing-masing.

Seminar Perencanaan Kota Berbasis Kecamatan ini memanfaatkan Data Geospasial. Tiap desk diberikan Peta Kecamatan masing-masing, dan diharapkan para anggota masyarakat di Kecamatan tersebut dapat menandai beberapa lokasi atau titik di Peta yang nantinya menjadi data bagi Bapelitbang sebagai potensi unggulan kecamatan tersebut dan juga bisa memuat informasi mengenai kelurahan-kelurahan yang rencananya akan dimekarkan.

Selain itu, dengan aplikasi pemanfaatan geospasial yang telah dikembangkan oleh Bapelitbang “DIKOMANDO”, menjadi salah satu media bagi para anggota masyarakat untuk bisa mendapatkan informasi geospasial maupun mengolah informasi geospasial tersebut berbasis aplikasi. Karena rencana tahun depan, Bapelitbang akan menyediakan 87 smartphone bagi 87 Lurah untuk Pengolahan Data Geospasial Berbasis Kecamatan. Ini semua dilakukan demi Kemajuan Kota Manado.