Pemkot Manado Gelar FGD Masa Lalunya Manado Masa Kini

Administrator | Kamis, 13 Juli 2017 - 16:30:39 WIB | dibaca: 111 pembaca

Manado - Pada selasa (13/7) Walikota Manado, Dr. Ir. G.S.Vicky Lumentut, SH, DEA membuka Focus Group Discussion (FGD) "Masa Lalunya Manado Masa Kini".

Walikota Manado mengatakan untuk menjadikan Manado sebagai daerah tujuan wisata selain Bali, Jogja, dan daerah lainnya, Kota Manado perlu mengetahui dan mengenal perjalanan terbentuknya Kota Manado dari aspek budaya masa lalu dan masa kini.

"Maksud pelaksanaan FGD ini pertama didasari oleh untuk menjadikan Manado sebagai daerah tujuan wisata, mungkin ada sejarah masa lalu Kota Manado yang dapat digali dan angkat untuk dijadikan objek wisata" kata Walikota.

Menurut Walikota Manado, Pemkot telah berencana untuk membuat buku tentang Manado dari berbagai sudut pandang yang memuat tentang sejarah Kota Manado yang siap untuk didokumentasikan dalam bentuk buku.
 
Walikota Manado berharap buku tentang Kota Manado ini dapat diproduksi pada tahun ini.
 
Beliau mengatakan perjalanan historis Kota Manado sangat penting untuk direkam, karena melalui rekaman sejarah ini masyarakat Kota Manado dapat menapaki kehidupan dalam membangun peradaban yang lebih maju dan kehidupan yang lebih berbudaya.
 
Sementara itu Kepala Bapelitbangda Kota Manado, Dr. Liny Tambajong (Kaban Liny) pada saat yang sama mengatakan salah satu potensi yang dimiliki Kota Manado adalah sumber daya manusia dan sejarah terbentuknya Kota Manado.    

"Banyak ahli sejarah, budayawan, rohaniwan yang meneliti tentang Manado dari berbagai aspek antara lain : Aspek Geografi, Aspek Bahasa, Aspek Religius, Aspek Kesukuan dan Aspek lainnya sehingga Manado dapat berkembang sampai saat ini." ujar Kaban Liny

Diperlukan diskusi yang arif dan bijaksana untuk menggali dan merangkai benang merah sejarah masa lalu Kota Manado, tutup Kaban Liny.