Sosialisasi Kota Baru Manado Hasilkan 12 Tema

Administrator | Selasa, 09 Mei 2017 - 04:24:09 WIB | dibaca: 315 pembaca

Manado - Sosialisasi Perencanaan Pembanguan Infrastruktur Permukiman Kota Baru Manado yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR dengan difasilitasi oleh Bapelitbangda Manado pada Jumat (5/5) telah menghasilkan 12 usulan tema yang nantinya akan menjadi branding Kota Baru Manado.

Bumi Kawanua, Bumi Toar Lumimuut, Bunaken Mapanget City, Kawanua "Gotham City", Mapatu City (Mapanget, Pandu, Tumpa), Kota Baru Rukun Damai, Goodbless Park City, Mapalus City, Kawanua Smart and Green City, Mapanget Aero City, Maesaan City, dan Kota Cerdas Kawanua, merupakan 12 usulan tema kota baru Manado.

Menurut Kepala Bapelitbangda Manado, Dr. Liny Tambajong (Kaban Liny), tema untuk kota baru harus mencerminkan identitas dari Kota Manado.

"Ada ide Godbless Park City, Mapalus City, Kawanua Smart City, apapun namanya kita akan mengikuti sesuai arahan Walikota yaitu Green, dan Smart City." ujarnya

"Jadi nantinya branding kota baru Manado akan keluar bersamaan dengan SK Penetapan deliniasi kawasan." kata Kaban Liny

Terkait kebijakan pengembangan kota baru menurut Kaban Liny, Pemerintah Kota Manado akan mengambil konsep green dan smart city dan berdasarkan visi Manado Kota Cerdas.

"Berdasarkan RTRW Kota Manado terdapat 4 kebijakan penataan ruang, meliputi pengendalian perkembangan kegiatan budaya, pencegahan kerusakan lingkungan, pelestarian lingkungan hidup untuk mendukung pelaksanaan pembangunan kota yang berkelanjutan, kemudian pembanguan dan pengembangan pariwisata kota yang terpadu dan mencakup seluruh aspek fungsi ruang yang ada"

"Peningkatan dan pengembangan kawasan perdagangan barang dan jasa pada pusat perekonomian diseluruh wilayah kota, dan keempat pembangunan dan pengembangan infrastruktur yang bertaraf internasional untuk meningkatkan peran dan fungsi kota dilingkup regional, serta peningkatan fungsi untuk pertahanan dan keamanan negara" jelasnya

"Kebijakan-kebijakan ini saya harapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pengembangan kota baru Manado" ujar Kaban Liny.