Wakil Walikota Pimpin Rapat Pembahasan Renja Tahun 2018

Administrator | Selasa, 12 September 2017 - 13:48:15 WIB | dibaca: 99 pembaca

Manado - Setelah melaksanakan verifikasi Renja TA. 2018, pada Senin (12/09) Bapelitbangda Manado melaksanakan Rapat Pembahasan Renja Perangkat Daerah (PD) TA. 2018.

Rapat yang dihadiri oleh Kepala PD dan Kasub Program PD, dibuka oleh Wakil Walikota Manado, Mor Bastiaan, SE.

Wakil Walikota Manado mengatakan Renja PD tahun 2018 harus punya output yang jelas dan tepat sasaran.

"Saya dan Walikota menginginkan apa yang direncanakan benar-benar harus tepat sasaran dan punya output yang jelas" katanya

Lanjutnya, Ia mengharapkan renja 2018 ini memuat visi dan misi kepala PD dan bukan operator.

"Saya berasumsi sebagian besar Rencana Kerja yang telah dimasukkan ke Bapelitbangda memuat visi dan misi kepala perangkat daerah. Dalam rapat kali ini masih ada kesempatan bagi kepala PD untuk memasukkan visi dan misinya ke dalam Renja bukan operator" ujar Wakil Walikota.

Wakil Walikota juga mengatakan seluruh Kepala PD harus menguasai tupoksi dan apa yang akan dilaksanakan kedepan.

"Saya melihat masih banyak Renja yang bergeser dari sasaran pada tahun pertama. Saya dan Pak Walikota tidak mau hal ini terjadi pada tahun 2018. Karna itu saya minta kepada seluruh kepala PD untuk menguasai tupoksi dan apa yang akan dilaksanakan kedepan, itu harus sesuai dengan RPJMD yang sudah ditetapkan, sesuai dengan visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota, termasuk visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur,  dan visi misi RPJMN Presiden dan Wakil Presiden. Supaya anda benar-benar memahami apa yang telah direncanakan oleh PD anda. Jangan sampai tidak tepat sasaran. Saya meminta kerjasama dengan kalian dalam penyusunan Renja tahun 2018 " ujarnya. 

Dalam perencanaan ini Wakil Walikota mengharapkan harus konsisten dari perencanaan di atas sampai ke bawah.

"Jangan sasaran ditentukan diatas tetapi kebawah berdiri sendiri-sendiri atau bergeser ke tempat lain. Ini sangat kami tidak inginkan dalam rencana kerja PD." tegasnya.

Sambungnya "Output dan outcame pun harus jelas apa yang anda akan laksanakan. Ketersediaan anggaran sangat terbatas. Keinginan kita untuk membangun tidak akan termuat semua ke dalam APBD. Mau tidak mau kita harus memiliki prioritas. Prioritas yang benar harus mengikuti RPJMD dan Visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota."

"Anda harus mempelajari Renja anda program dan kegiatan yang direncanakan harus memuat program-program prioritas. Yang tidak berbobot, yang tidak mempunyai output yang jelas, outcame yang tidak jelas segera dihilangkan." ujarnya