Walikota Manado Buka Musrenbang RKPD Kota Manado

Administrator | Senin, 03 April 2017 - 12:01:43 WIB | dibaca: 235 pembaca

Manado - Pada Kamis (30/03) Walikota Manado, Dr. G.S. Vicky Lumentut membuka kegiatan Musrenbang RKPD Kota Manado Tahun 2017 dalam rangka menyusun perencanaan pembangunan Kota Manado pada tahun 2018.

Walikota Manado mengatakan penyelenggaraan musrenbang yang dilaksanakan di Kelurahan, Kecamatan, dan di tingkat Kota yang menghasilkan usulan-usulan pembangunan akan menjadi perhatiannya, sehingga kegiatan musrenbang tidak lagi hanya menjadi kegiatan yang seremonial saja, tapi benar-benar untuk menyaring aspirasi dari masyarakat.

"Saya mendapat keluhan-keluhan melalui media sosial saya, banyak yang mengatakan musrenbang tidak berguna. Usulan-usulan yang telah dihasilkan sampai saat ini tidak ada tindak lanjutnya dari pemerintah". Kata Walikota.

"Sudah 2 atau 3 tahun terakhir kami telah meluncurkan e-Musrenbang. Melalui teknologi informasi ini usulan-usulan masyarakat terekam dengan baik. Jadi kedepannya dalam e-Musrenbang usulan-usulan yang belum disetujui akan menjadi prioritas ditahun selanjutnya, sehingga usulan masyarakat ditahun sebelumnya dapat diakomodir untuk dilaksanakan oleh Pemerintah Kota". Jelasnya.

Walikota Manado juga mengatakan bahwa prioritas pembangunan nasional dan provinsi termasuk kegiatan urgent seperti bencana alam tetap menjadi prioritas dalam penyusunan perencanaan pembangunan Kota Manado.

Sementara itu, Kepala Bapelitbangda Kota Manado, Dr. Liny Tambajong (Kaban Liny) pada kesempatan yang sama mengatakan tema RKPD Kota Manado tahun 2018 telah disinkronisasikan dengan tema RKP Nasional dan Provinsi Sulawesi Utara.

"Tema RKPD Kota Manado tahun 2018 yaitu memacu pembangunan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan dan keunggulan manusia secara adil dan merata menuju Manado Cerdas" ujar Kaban Liny

Kaban Liny melanjutkan bahwa terdapat 17 program strategis nasional dan 8 program strategis provinsi, serta 15 indikator dan target yang terdapat dalam RPJMD Kota Manado tahun 2016-2021.

"Program strategis nasional yang terdapat dalam RPJMD Kota Manado yaitu antara lain pengembangan jalur kereta api Manado-Bitung, pengembangan sistem transit dan semi BRT Kota Manado, pengembangan bandara sam ratulangi, pengembangan pelabuhan manado, pembangunan jalan bypass Manado II (Maumbi-Kairagi), pembangunan jalan Tomohon-Manado, Pengembangan Dermaga Penyeberangan Manado Tua & Siladen, Pembangunan Terminal Bus Air Pesisir Pantai Manado, Perkuatan Tanggul Banjir Sungai Tondano (Paket 1 Dan Paket 2) Manado, Pembangunan Trem Dalam Kota Manado,  Pembangunan Manado Outer Ring Road III (Winangun – Malalayang), Pembangunan Jalan Boulevard II,  Pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung (Dalam Kota Manado), Pembangunan Manado Outer Ring Road Iib (Bengkol-Molas), Pembangunan TPA Regional & IPLT, Revitalisasi Objek Wisata,  dan Rencana Pengembangan Infrastruktur Tenaga Listrik." jelas Kaban Liny

"Sementara untuk program strategis provinsi Sulut yang terdapat dalam RPJMD Kota Manado yaitu Penanggulangan kemiskinan dan pengangguran. 2. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang berdaya saing melalui pembangunan pendidikan dan kesehatan. 3. Infrastruktur. 4. Pembangunan kawasan perbatasan dan kepulauan. 5. Pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan hidup. 6. Tata kelola birokrasi efektif dan efisien. 7. Keamanan dan ketertiban masyarakat. 8. Pengelolaan bencana dan mitigasi iklim." lanjut Kaban Liny.

Hadir dalam kegiatan ini Kodim 1309, Myr. Inf. M. Purba, Kasi Intel Kejari Manado, Theodorus Rumampuk, SH. MH, Stenly Tamo, SH, Kompol Khairul Pontoh dari Polresta Manado, dan Aldrin Anis, SP, MT dari Bappeda Provinsi.