Walikota Manado Mendukung Pengembangan Kota Baru Manado

Administrator | Sabtu, 06 Mei 2017 - 09:09:08 WIB | dibaca: 247 pembaca

Manado - Walikota Manado, Dr. GS. Vicky Lumentut menyatakan mendukung rencana Presiden Jokowi melalui RPJMN untuk mengembangkan kota baru Manado sebagai kota publik yang mandiri dan terpadu yang rencananya akan dibangun di daerah Mapanget.

Dukungan ini disampaikan oleh Walikota Manado pada Sosialisasi Kegiatan Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Permukiman Kota Baru Manado yang dilaksanakan pada Jumat (5/5/2017) di Ruang Rapat Bapelitbangda Manado.

Walikota Manado mengatakan bahwa pengembangan kota baru Manado dapat menjadi salah satu bagian untuk mewujudkan visi dan misi mereka yaitu Manado Kota Cerdas.

"Baru-baru ini saya mengikuti acara terkait Review Kota Cerdas bersama-sama dengan kepala daerah lainnya di Istana Wakil Presiden. Ternyata untuk mencapai kota cerdas tidaklah mudah dan tidak hanya berbicara terkait teknologi. Dukungan infrastruktur, penataan kota, dan karakteristik wilayah untuk mencapai kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat umum merupakan faktor utama keberhasilan penerapan kota cerdas" jelas Walikota Manado.

Menurutnya masih banyak yang harus disiapkan oleh Kota Manado untuk mencapai Manado Kota Cerdas. "Setelah dihubungi oleh Ibu Liny bahwa ada kegiatan sosialisasi ini, saya berpikir kota baru Manado dapat menjadi salah satu untuk mencapai tujuan kami" ujar Walikota Manado.

Pemilihan daerah Mapanget untuk pengembangan kota baru Manado menurut Walikota Manado sangat tepat, karena kedepannya banyak fasilitas infrastruktur pemerintahan, perumahan, dan publik yang rencananya akan dibangun diarea tersebut.
 
"Saya telah berdiskusi dengan Pak Gubernur, terkait rencana pemindahan kantor Walikota Manado yaitu kantor dinas dan badan, serta kantor DPRD Kota Manado, beliau sejalan dengan pemikiran saya. Pak Gubernur juga telah berencana untuk memindahkan kawasan perkantoran Gubernur diarea yang sama yaitu di Mapanget."

"Jadi nantinya semua perkantoran pengadilan baik pengadilan negeri, agama, niaga, militer, termasuk bank milik Pemprov Sulut akan dibangun disana" jelas Walikota Manado.